Jurnal logika fuzzy mamdani berat badan

Pada Metode Mamdani, fungsi implikasi yang digunakan adalah MIN, yang berarti tingkat keanggotaan yang didapat sebagai konsekuen dari proses ini adalah nilai minimum dari variabel berat badan dan tinggi badan. Buku Kedokteran EGC Untuk memperkirakan pengeluaran total kalori, hasil penghitungan ini masih harus dikalikan dengan faktor aktivitas.

Komposisi aturan dengan Metode Max variabel umur Maximum Pada metode ini, solusi himpunan fuzzy diperoleh dengan cara mengambil nilai maksimum aturan, kemudian menggunakannya untuk memodifikasi daerah fuzzy, dan mengaplikasikannya ke output dengan menggunakan operator OR union.

Himpunan fuzzy tersebut meliputi variabel berat badan dan tinggi badan sebagai input, dan nilai gizi sebagai output. Click the button below to return to the English version of the page.

BAB III METODE FUZZY MAMDANI

Konsep Himpunan Fuzzy …………………………………… Variabel nilai gizi terdiri atas lima bahasa linguistik, yaitu kurus tingkat berat, kurus tingkat ringan, normal, gemuk tingkat ringan, dan gemuk tingkat berat.

Efficient water management is a major concern in many cropping systems In dry areas or in case of inadequate rainfall, irrigation becomes difficult. Sedangkan dalam penelitian ini selain menggunakan antropometri juga digunakan metode inferensi fuzzy sugeno dalam penentuan status gizi pada balita.

The reason for the use of fuzzy logic is considered flexible in the sense that can be built and developed with ease without having to start from "zero". Biofisik Penilaian secara biofisik yaitu dengan mengukur elastisitas dan fungsi jaringan tubuh.

Fungsi implikasi merupakan struktur logika yang terdiri atas kumpulan premis dan satu konklusi. Representasi Linear Pada representasi linear, pemetaan input ke derajat keanggotannya digambarkan sebagai suatu garis lurus.

PENENTUAN KEBUTUHAN KALORI HARIAN PADA PENDERITA DIABETES DENGAN FUZZY LOGIC METODE MAMDANI

Proses inferensi Proses fuzzifikasi menghasilkan enam jumlah data yaitu: Proses tersebut berguna untuk mengetahui nilai output dari pusat daerah fuzzy.

Diterima Diterima 21 49 Pengujian program dengan menggunakan input sebanyak sepuluh 10 data balita. Penilaian Status Gizi. Logika fuzzy memang dapat diaplikasikan di berbagai bidang dari industri, manufaktur, transportasi, administrasi, hingga ke kehidupan sehari-hari.

Manfaat Penelitian a. Aturan fuzzy berbentuk if anteseden then konsekuen, menggunakan konsekuen berupa persamaan linear dari variabel-variabel inputnya [4]. Fungsi Implikasi Tiap — tiap aturan proposisi pada basis pengetahuan fuzzy akan berhubungan dengan suatu relasi fuzzy.

The rules were tabulated and Simulation results and their analysis are included. Bentuk kurva bahu berbeda dengan kurva segitiga, yaitu salah satu sisi pada variabel tersebut mengalami perubahan turun atau naik, sedangkan sisi yang lain tidak mengalami perubahan atau tetap.

Misalnya postur tubuh yang ideal bagi atlet petinju atau binaraga, sangat berbeda pada atlet senam atau renang. Variabel tinggi badan terdiri atas tiga bahasa linguistik, yaitu rendah, normal, dan tinggi.

Kebutuhan energi basal atau Angka Metabolisme Basal AMB pada dasarnya ditentukan oleh ukuran dan komposisi tubuh serta umur. Jika berat badan adalah normal dan tinggi badan adalah rendah maka status gizinya adalah gemuk tingkat ringan.

Perbedaan nilai gizi dan status gizi antara penggunaan logika fuzzy dengan logika tegas berdasarkan IMT terjadi karena input yang digunakan dalam logika tegas adalah bilangan tegas. Salah satu permasalahan yang ditemui dalam bidang kesehatan adalah gizi balita. Diakses pada 07 juli dari Rumusan masalah dalam penelitian ini dibagi menjadi dua diantaranya adalah 1 Bagaimana merancang aplikasi SPK untuk membantu penentuan status gizi balita?

Tahapan dalam model fuzzy sugeno antara lain: Kurus adalah keadaan tubuh seseorang yang lebih kecil dari ukuran normal. Hal ini berarti mengembalikan nilai besaran fuzzy menjadi nilai crisp bilangan realdan mengubah fuzzy output menjadi nilai crisp berdasarkan fungsi keanggotaan yang telah ditentukan.

Kesimpulan …………………………………………………… It was proposed in by Ebrahim Mamdani [1] as an attempt to control a steam engine and boiler combination by synthesizing a set of linguistic control rules obtained from experienced human operators.JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI (JurTI) Sistem Pendukung Keputusan, Mamdani, Tuntutan hidup yang semakin berat danAuthor: Yustria Handika Siregar.

13/02/ · Download Jurnal Disini Masalah berat badan di dunia pada tahun Jurnal Tentang PEMBANGUNAN SISTEM PAKAR PENENTUAN MAKANAN DIET 5/5(1). Implementation Fuzzy Irrigation Controller (Mamdani and Sugeno Performance Comparison) Fuzzy controller mamdani and sogemo with three membership and feedback.

Bagaimana aplikasi metode Mamdani dalam logika fuzzy untuk menentukan status Himpunan fuzzy: Berat Badan Dimana sumbu horizontal merupakan nilai input dari.

Penalaran Logika Fuzzy Mamdani digunakan untuk Tuntutan hidup yang semakin berat dan meningkat. berapa banyak berat badan ancientmarinerslooe.com: Herlan Sutisna, Noor Cholis Basjaruddin.

Variabel masukan No Nama Variabel jenis kelamin 1 Berat Badan L 2 Tinggi Badan L 3 FUZZY MAMDANI BERBASIS WEB. JURNAL dengan Logika Fuzzy Mamdani.

Jurnal logika fuzzy mamdani berat badan
Rated 3/5 based on 10 review