Skema metabolisme lipid

Metabolisme dalam makhluk hidup dapat dibedakan menjadi katabolisme dan anabolisme. Fungsi lipid Ada beberapa fungsi lipid di antaranya: Penggunaan lipid sebagai sumber energi berhubungan dengan proses metabolisme.

Klasifikasi lemak makanan bermacam-macam. Non gliserida Lipid jenis ini tidak mengandung gliserol. Kebanyakan lemak alami memiliki campuran kompleks dari berbagai macam trigliserida karena ini, lemak mencair pada suhu yang berbeda-beda.

Suatu lemak atau minyak tersusun atas macam-macam asam lemak. Ada dua macam asam lemak yaitu: Struktur miselus. Berdasarkan sumbernya, lipid dikelompokkan sebagai lemak hewan animal fstlemak susu milk fatminyak ikan fish oildll.

Perbandingan komposisi penyusun 4 klas besar lipoprotein 1.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Proses Maupun Fungsinya

Proses ini dinamakan ketogenesis. Faktor genetik Obesitas cenderung terjadi dalam keluarga, atau secara keturunan. Sebagai precursor hormon Hormon mengatur komunikasi antar sel 5.

Aktivasi asam lemak menjadi asil KoA Asam lemak bebas pada umumnya berupa asam-asam lemak rantai panjang. Asam lemak merupakan asam monokarboksilat rantai panjang. Fitriyani Thamrin Mardhan Jurusan: Fungsi dasar dari trigliserida adalah sebagai simpanan energi berupa lemak atau minyak.

Lipoprotein terdapat dalam plasma darah. Satu gram lemak mampu menghasilkan 9 kkal energi. Sudah cukup jelas bukan? Sedangkan asam lemak pun akan dioksidasi untuk memenuhi kebutuhan energi pula lihat oksidasi beta.

ACP acyl carrier protein digunakan selama sintesis sebagai titik pengikatan. Sintesis asam amino diperlukan untuk membentuk senyawa penting lainnya dalam tubuh, seperti histamin, neurotransmitter, dan komponen nukleotida.

Pengertian Metabolisme Protein

Jika sewaktu-waktu kita membutuhkan energy dari lipid, maka trigliserida ini akan dipecah lagi menjadi asam lemak dan gliserol. Gliserol dapat menjadi sumber energi lihat metabolisme gliserol.Jalur-jalur metabolisme karbohidratTerdapat beberapa jalur metabolisme karbohidrat yaitu glikolisis, oksidasi piruvat, siklus asam sitrat, glikogenesis, glikogenolisis serta ancientmarinerslooe.com ringkas, jalur-jalur metabolisme karbohidrat dijelaskan sebagai berikut.

Metabolisme Lemak Pada Tumbuhan Pdf Download > DOWNLOAD 8b9facfde6 Feel,Better.,Your,Health,Search,Engine,for,Finding,Better,Medical,Information. Penghitungan energi hasil metabolisme lipid Dari uraian di atas kita bisa menghitung energi yang dihasilkan oleh oksidasi beta suatu asam lemak.

Pengertian Metabolisme Lipid Dan Prosesnya

Misalnya tersedia sebuah asam lemak dengan 10 atom C, maka kita memerlukan energi 2 ATP untuk aktivasi, dan energi yang di hasilkan oleh oksidasi beta adalah 10 dibagi 2 dikurangi 1, yaitu 4 kali oksidasi beta, berarti hasilnya adalah 4 x 5 = 20 ATP.

Metabolisme Lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserida. Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal (vena porta) menuju hati. Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini. · Proses Metabolisme Lipid. Metabolisme lipid atau lemak berlangsung didalam hati atau hepar.

Dilakukan oleh enzin lipase yang terdapat dalam getah usus dan getah pancreas. Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energy utamanya ialah berasal dari lipid netral yakni trigliserid. Hasil pencernaan lipid ialah asam lemak dan gliserol selain itu juga ada yang masih berupa monogliserid.5/5(5).

Metabolisme lipid atau lemak dalam tubuh terjadi dalam hati/hepar. Dalam darah lemak berbentuk kolesterol, metabolismenya memerlukan uraian yang sangat panjang. Yang penting untuk diketahui dalam rangka menjaga kesehatan tubuh adalah kadar kolesterol dalam darah, total kolesterol agar diusahakan tidak melebihi angka Kadar HDL (disebut kolesterol baik) agar lebih dari 45 dan LDL .

Skema metabolisme lipid
Rated 5/5 based on 10 review